Cerita Celebrimbor Dalam Middle-earth: Shadow of Mordor

Terungkap kemudian bahwa sebenarnya Celebrimbor terbunuh oleh Sauron setelah serangan Dark Lord di Eregion, melainkan dibawa ke Mordor untuk menyempurnakan One Ring. Di sinilah Celebrimbor mengilhami cincin itu dengan "pikirannya sendiri”. Namun, Celebrimbor, tergoda oleh kekuatan Cincin, pada saat terakhir, mencurinya dari Sauron, menyelinap ke dunia Wraith untuk melarikan diri.
Celebrimbor, yang dirusak oleh kekuatan Cincin dan bertekad untuk menaklukkan Mordor dan membangun pasukan Uruk di dalam pasukan Sauron sendiri untuk menandinginya. Perang antara keduanya berlangsung hingga akhirnya keduanya bertemu, Sauron benar-benar mengambil bentuk fisik untuk melakukannya. Celebrimbor menggunakan cincin untuk Sauron terbaik dalam pertempuran tunggal setelah hampir menguasai kekuatannya. Namun, pada saat terakhir sebelum pukulan mematikan, Cincin yang menjadi bagian dari Sauron terlepas dari jari Celebrimbor dan ke jari Sauron dan Cincin itu sendiri adalah bagian dari kekuatan Dark Lord, oleh karena itu cincin itu hanya menjawab untuknya. Dengan kekuatan One Ring miliknya sekali lagi, Sauron mengambil Celebrimbor dan keluarganya masih hidup akan tetapi menjadi tawanan.
Selanjutnya Sauron melanjutkan untuk membantai istri dan anak perempuan Celebrimbor sebagai pembalasan, sementara Elf yang disiksa dipaksa untuk menonton. Setelah keduanya terbaring mati, Sauron mengambil bentuk aslinya lalu menggunakan palu pandai besi milik Celebrimbor yang diberikan Sauron kepadanya sebagai hadiah untuk memukulnya tanpa ampun, yang pada akhirnya menggunakan sisi pick untuk menghabisinya. Pada titik inilah Celebrimbor menjadi Wraith, ditakdirkan untuk menjadi seperti itu sampai dia bisa sekali lagi melawan Sauron. Seperti Sauron sendiri, Celebrimbor memiliki nasib yang terikat dengan Cincin. Jadi sampai saat One Ring belum dibuat, arwah Celebrimbor tidak dapat berangkat ke Aula Penantian di Valinor, seperti yang seharusnya dilakukan oleh arwah semua Elf yang telah meninggal.
Selama masa-masa awalnya berbagi tubuh Talion, Celebrimbor berpura-pura amnesia dalam hidupnya sebelum menjadi Wraith, hanya mendapatkan kembali ingatan dengan akuisisi Talion atas beberapa artefak masa lalu Celebrimbor: liontin, mahkota, dan palu dan pahat yang dia gunakan untuk menempa Cincin, tetapi pada kenyataannya itu semua adalah taktik untuk mendapatkan lebih banyak kekuatan. Terungkap kemudian bahwa Celebrimbor sebenarnya tidak langsung terbunuh di tangan Sauron, setelah serangan Dark Lord di Eregion, tetapi malah dibawa ke Mordor untuk menyempurnakan One Ring . Di sinilah Celebrimbor mengilhami cincin itu dengan "pikirannya sendiri". Namun, Celebrimbor, tergoda oleh kekuatan Cincin, pada saat terakhir, mencurinya dari Sauron, menyelinap ke dunia Wraith untuk melarikan diri.